Penyadapan melalui IMEI HP merupakan berita HOAX

 on Thursday, October 5, 2017  



Sangat sering kita menerima berita lewat aplikasi android WhatsApp yang menyatakan adanya penyadapan melalui International Mobile Station Equipment Identity (IMEI). 

Apa sih IMEI? Setiap ponsel memiliki IMEI yang berbeda untuk membedakan antara satu ponsel dengan ponsel yang lainnya. Ketika kita membeli sebuah ponsel baru pasti kita akan melihat serial number IMEI di dus atau di nota pembayaran. Ketika kita mereparasi ponsel, IMEI juga pasti akan dicatat untuk garansi dan keperluan identifikasi lainnya.

Pada tahun 2004, format IMEI adalah AA-BBBBBB-cccccc-D, meskipun tidak selalu dapat ditampilkan dengan cara ini. The IMEISV tetes Luhn cek digit yang mendukung satu dua digit tambahan untuk Nomor Versi Software (SVN), membuat format AA-BBBBBB-cccccc-EE.
Untuk mengetahui kode IMEI, maka pengguna ponsel bisa menekan *#06# disertai dengan tekan tombol panggil pada ponsel. 

Dalam berita melalui Whatsapp tersebut diatas tertulis, jika setelah menekan *#06# dan tombol panggil muncul kode IMEI saja, berarti ponsel dalam kondisi aman dari penyadapan. Namun, jika yang muncul kode IMEI dengan disertai kode angka lain, maka ponsel pengguna itu disadap. 

Yang harus kita pahami adalah berita melalui Whatsapp tersebut TIDAK BENAR dan 100% HOAX. Untuk menyadap sebuah ponsel tak bisa cukup dengan bermodal IMEI saja. Hingga saat ini tidak ada teknologi penyadapan yang dilakukan hanya dengan menggunakan kode IMEI. Penyadapan melalui IMEI sangat lemah, tidak logis dan tak masuk akal. Sebab, tak mungkin penyadapan berbasis IMEI ponsel yang mana pengguna bisa membeli secara acak di toko. 

Penyadapan yang mungkin pada ponsel yakni melalui kode International Mobile Subscriber Identity (IMSI). IMSI merupakan gabungan algoritma dari IMEI dan MISIDN atau dikenal nomor handphone dan kode jaringan operator.

Kode IMSI merupakan kode unik untuk masing-masing kartu SIM di seluruh dunia. IMSI umumnya terdiri atas 15 digit atau lebih pendek. Tiga digit pertama terdiri atas kode negara atau kode Mobile Country Code (MCC), diikuti dengan dua atau tiga digit kode operator atau Mobile Network Code (MNC).

Selain itu, penyadapan bisa menggunakan taktik IMSI Catcher, yang memungkinkan seseorang bisa menyadap komunikasi handphone, mengirim SMS palsu sampai menduplikasi kartu SIM. Namun demikian, taktik dengan IMSI Cathcer, terbilang susah untuk menyasar target, sebab yang dimonitor adalah IMEI massal. 
Penyadapan melalui IMEI HP merupakan berita HOAX 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Thursday, October 5, 2017 Artikel Indo, Baru, e Gov, Digital, Google, Hardware, Gadget, Komputer Umum, Keamanan, Sistem, Teknologi, Teknologi Komunikasi, Telekomunikasi, Umum, Sangat sering kita menerima berita lewat aplikasi android WhatsApp yang menyatakan adanya penyadapan melalui International Mobile Sta...


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar ....