Bagaimana Bitcoin Bisa Mengubah Dunia dan Indonesia?

 on Tuesday, October 10, 2017  


Apa sih Bitcoin itu? Bitcoin adalah mata uang digital yang dipergunakan melalui internet dan juga di banyak lokasi fisik. Sekarang ini, sudah sangat banyak pihak yang mengunakan Bitcoin baik itu usaha kecil, menengah ataupun usaha besar level dunia.

Bahkan, gerai Subway di Allentown, PA mendorong orang untuk menggunakan bitcoin untuk pembayaran dengan menawarkan diskon 10 persen untuk transaksi ini. Ini juga diikuti oleh Latin House Grill Burger & Taco Bar, yang menjadi restoran pertama di Miami yang menerima bitcoin pada tahun 2013. Selain itu, WordPress, yang menyediakan situs blog gratis dan berbayar, telah menerima bitcoin sejak tahun 2012.

Potensi penggunaan Bitcoin demikian besar dan dikatakan hampir tak terbatas. Dimasa depan bisa saja Bitcoin ini akan memiliki dampak cukup besar bagi mata uang konvensional maupun pada masalah pertukaran mata uang.

Bitcoin, seperti yang dinyatakan sebelumnya, adalah bentuk mata uang digital. Hal ini didasarkan pada konsep mata uang kriptografi terdesentralisasi. Bitcoin merupakan mata uang digital untuk transaksi pada sistem digital tanpa menggunakan sistem moneter tradisional. Salha satu kelebihan Bitcoin adalah kemampuannya untuk dapat dengan mudah ditransfer dari satu tujuan ke tujuan lain dengan cara yang aman. Bitcoin belum masuk dalam mekanisme perpajakan. Singkatnya, Bitcoin masih bebas dari segala macam rintangan hukum dan keuangan. Bitcoin tidak mewajibkan badan perantara untuk mengatur transaksinya, dan memiliki pendekatan modern terhadap keuangan melalui jaringan peer-to-peer.

Semua transaksi diverifikasi oleh masing-masing node yang hadir dalam jaringan dan dicatat dalam blockchain. Blockchain adalah buku besar terdistribusi publik. Algoritma yang digunakan untuk membuat, mengamankan dan memverifikasi sistem ini secara teknis diimplementasikan di militer. Ini menggunakan algoritma seperti kriptografi dan akses generasi kunci untuk memastikan keamanan yang tepat. Bitcoin berpotensi menjadi standar moneter yang bisa digunakan di seluruh dunia.

Di Negara Indonesia sendiri, Bank Indonesia (BI) telah memberikan pernyataan pada siaran pers yang diterbitkan tanggal 6 Pebruari 2014 lalu. Disampaikan disana bahwa Bank Indonesia menyatakan bahwa Bitcoin dan virtual currency lainnya bukan merupakan mata uang atau alat pembayaran yang sah di Indonesia.


Namun, jika suatu saat nanti seluruh dunia menggunakan Bitcoin, apakah Indonesia mampu menahan laju Bitcoin?
Bagaimana Bitcoin Bisa Mengubah Dunia dan Indonesia? 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Tuesday, October 10, 2017 Artikel Indo, Baru, Cipher, Cyber, Data, Digital, Keamanan, Informasi, Kriptografi, Open Source, Virtual, Currency, Apa sih Bitcoin itu? Bitcoin adalah mata uang digital yang dipergunakan melalui internet dan juga di banyak lokasi fisik. Sekarang ini, ...


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar ....