Pendataan atau Data Collection

 on Friday, September 22, 2017  



Pendataan atau yang juga dikenal dengan Pengumpulan data adalah proses pengumpulan dan pengukuran informasi pada variabel sasaran secara sistematis, yang dari hasilnya kemudian memungkinkan seseorang untuk menjawab pertanyaan yang relevan dan mengevaluasi hasilnya. Pengumpulan data adalah komponen penelitian di semua bidang studi termasuk ilmu fisik dan sosial, humaniora, dan bisnis. Sementara metode bervariasi menurut disiplin, penekanan untuk memastikan keakuratan dan “kejujuran” data yang diperoleh.

Tujuan untuk semua kegiatan pengumpulan data adalah untuk menangkap bukti kualitas yang memungkinkan analisis mengarah pada perumusan jawaban yang meyakinkan dan dapat dipercaya atas pertanyaan-pertanyaan yang telah diajukan.

Pengumpulan data berkaitan dengan perolehan data yang akurat; Meskipun metode mungkin berbeda tergantung pada lapangan, penekanan pada akurasi.
Pengumpulan data yang akurat sangat penting untuk memastikan integritas penelitian, terlepas dari bidang studi atau preferensi data (kuantitatif atau kualitatif). Pemilihan alat dan instrumen pengumpulan data yang sesuai, yang mungkin ada, dimodifikasi atau benar-benar baru, dan dengan instruksi yang didefinisikan dengan jelas untuk penggunaan yang tepat, mengurangi kemungkinan kesalahan yang terjadi selama pengumpulan.

Temuan yang menyimpang seringkali merupakan hasil pengumpulan data yang tidak benar seperti pertanyaan yang menyesatkan mengenai kuesioner, tanpa sadar menghilangkan pengumpulan beberapa data pendukung, dan kesalahan yang tidak disengaja lainnya. Hal ini akan menyebabkan kesimpulan miring yang mungkin tidak berguna.

Terlepas dari bidang studi atau preferensi untuk menentukan data (kuantitatif atau kualitatif), pengumpulan data yang akurat sangat penting untuk menjaga integritas penelitian. Baik pemilihan instrumen pengumpulan data yang tepat (ada, dimodifikasi, atau baru dikembangkan) dan petunjuk yang jelas untuk penggunaan yang benar mengurangi kemungkinan kesalahan terjadi.

Pengumpulan data yang akurat sangat penting untuk menjaga integritas penelitian, membuat keputusan bisnis yang tepat dan memastikan jaminan kualitas. Misalnya, dalam penjualan eceran, data dapat dikumpulkan dari aplikasi seluler, kunjungan situs web, program loyalitas dan survei online untuk mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan. Dalam proyek konsolidasi server, pengumpulan data tidak hanya mencakup inventarisasi fisik semua server, namun juga deskripsi yang pasti tentang apa yang terinstal pada setiap server - sistem operasi, middleware dan aplikasi atau database yang didukung server.

Metode pengumpulan data
Survei, wawancara dan kelompok fokus merupakan instrumen utama untuk mengumpulkan informasi. Saat ini, dengan bantuan alat Web dan analisis, organisasi juga dapat mengumpulkan data dari perangkat seluler, lalu lintas situs web, aktivitas server dan sumber lain yang relevan, bergantung pada proyek.

Besar data dan datanya
Data besar menggambarkan sejumlah besar data terstruktur, semi terstruktur dan tidak terstruktur yang dikumpulkan oleh organisasi. Tetapi karena membutuhkan banyak waktu dan uang untuk memuat data besar ke database relasional tradisional untuk analisis, pendekatan baru untuk mengumpulkan dan menganalisis data telah muncul.

Untuk mengumpulkan dan kemudian mengumpulkan data besar untuk informasi, data mentah dengan metadata yang diperluas dikumpulkan di danau data. Dari situlah, pembelajaran mesin dan program kecerdasan buatan menggunakan algoritma yang kompleks untuk mencari pola berulang.

==============

Data collection is the process of gathering and measuring information on targeted variables in an established systematic fashion, which then enables one to answer relevant questions and evaluate outcomes. Data collection is a component of research in all fields of study including physical and social sciences, humanities, and business. While methods vary by discipline, the emphasis on ensuring accurate and honest collection remains the same. The goal for all data collection is to capture quality evidence that allows analysis to lead to the formulation of convincing and credible answers to the questions that have been posed.

Data collection is concerned with the accurate acquisition of data; although methods may differ depending on the field, the emphasis on ensuring accuracy remains the same. The primary goal of any data collection endeavor is to capture quality data or evidence that easily translates to rich data analysis that may lead to credible and conclusive answers to questions that have been posed.
Pendataan atau Data Collection 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Friday, September 22, 2017 Artikel Indo, Baru, Data Mining, Database, Komputer Umum, Umum, Data, Pendataan, Pendataan atau yang juga dikenal dengan Pengumpulan data adalah proses pengumpulan dan pengukuran informasi pada variabel sasaran sec...


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar ....