Google dan IBM serta Microsoft Partner di Linux Foundation Open API Initiative

 on Tuesday, September 19, 2017  



Linux Foundation, Google (GOOG), IBM (IBM), Microsoft (MSFT) dan mitra lainnya yang menjanjikan kompatibilitas yang lebih mudah antara aplikasi dan platform melalui Open API Initiative baru. Dengan adanya API tersebut diatas, akan memperpanjang jajaran Swagger API yang sudah ada sebelumnya.

Berdasarkan definisi dari Wikipedia berbahasa Indonesia yang diakses tanggal 7 November 2015 jam 10.55, API (Application Programming Interface) diterjemahkan menjadi antarmuka pemrograman aplikasi. Ini adalah sekumpulan perintah, fungsi, serta protokol yang dapat digunakan oleh programmer saat membangun perangkat lunak untuk sistem operasi tertentu. API memungkinkan programmer untuk menggunakan fungsi standar untuk berinteraksi dengan sistem operasi.

API dapat menjelaskan cara sebuah tugas (task) tertentu dilakukan. Dalam pemrograman prosedural seperti bahasa C, aksi biasanya dilakukan dengan media pemanggilan fungsi. Karena itu, API biasanya menyertakan penjelasan dari fungsi/rutin yang disediakannya.

Swagger adalah platform open source yang membantu programmer membuat API untuk aplikasi internet-enabled. Swangger API ini memungkinkan aplikasi yang berbeda berbagi informasi dan sumber daya dengan satu sama lain dengan lebih mudah, cepat dan akurat.

Swagger telah terbukti populer di kalangan pengembang aplikasi terbuka / open source sejak diluncurkan pada tahun 2010. Tapi Open Initiative API baru dikembangkan untuk memperluas fungsi Swangger lebih jauh dan memberikan kolaborasi komunitas yang lebih dalam perkembangannya.

"Swagger dianggap salah satu kerangka kerja yang paling populer untuk membangun API. Ketika sebuah proyek open source mencapai tingkat kematangan, itu hanya tidak dapat dikelola oleh satu perusahaan, organisasi atau pengembang," kata Jim Zemlin, direktur eksekutif di Linux Foundation. " Open Initiative API akan memperpanjang teknologi ini untuk memajukan pengembangan aplikasi yang terhubung melalui standar terbuka."

Open Initiative API akan fokus pada penyediaan vendor netral, portabel dan spesifikasi terbuka untuk menyediakan metadata untuk API dan menghasilkan standar yang mana pengembang dapat mengadopsi untuk membuat Open API terbuka, demikian penjelasan Linux Foundation saat peluncuran Open Initiative API .


Anggota pendiri Open Initiative API, yang merupakan proyek kolaborasi Linux Foundation, termasuk 3Scale, Apigee, Capital One, Google, IBM, Intuit, Microsoft, PayPal dan Restlet.
Google dan IBM serta Microsoft Partner di Linux Foundation Open API Initiative 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Tuesday, September 19, 2017 Artikel Indo, Baru, Digital, Internet, Java, Komputer Umum, Linux, Open Source, Programming, Teknologi Komunikasi, Telekomunikasi, Linux, Google, IBM, Microsoft, MSFT, Open, API Linux Foundation, Google (GOOG), IBM (IBM), Microsoft (MSFT) dan mitra lainnya yang menjanjikan kompatibilitas yang lebih mudah antar...


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar ....