5 Tingkat Keamanan Sistem Informasi

 on Thursday, August 17, 2017  



Dilihat dari salah satu sudut pandang, Keamanan Sistem Informasi dapat kita bagi menjadi 5 tingkat, yaitu : keamanan fisik, keamanan perangkat lunak, keamanan jaringan, keamanan informasi dan keamanan secara keseluruhan.

Keamanan Fisik
keamanan fisik merupakan keamanan tahap awal dari Keamanan Sistem Informasi. Keamanan fisik bisa diartikan keamanan terhadap seluruh hardware komputer termasuk infrastruktur jaringan komunikasi. Hardware rentan terhadap pencurian dan penyadapan (secara fisik pada sisi infrastruktur jaringan komunikasi). Jika keamanan fisik tidak terjaga dengan baik, maka data-data bahkan hardware komputer sendiri tidak dapat diamankan.

Keamanan Perangkat Lunak / Software
Keamanan dari sisi software terdiri dari keamanan database, keamanan data, dan keamanan aplikasi. Contohnya : jika kita ingin database aman, maka kita harus memperhatikan dahulu apakah aplikasi yang dipakai untuk membuat desain database tersebut merupakan aplikasi yang sudah diakui keamanannya. Selain itu kita harus memperhatikan sisi lain yaitu data keamanan. Keamanan Data adalah cara mendesain database tersebut. Device keamanan adalah alat-alat apa yang dipakai supaya keamanan dari komputer terjaga. Keamanan komputer adalah keamanan dari orang-orang yang tidak berhak mengakses komputer tempat datadase tersebut disimpan.

Keamanan Jaringan
Merupakan sisi keamanan sistem informasi yang berada pada media komunikasi atau infrastruktur yang menghubungkan antara satu sistem informasi ke sistem informasi lainnya, atau dengan kata lain, satu komputer dengan komputer lainnya. Komputer yang terhubung dengan jaringan sangat rawan dalam masalah keamanan, oleh karena itu keamanan jaringan harus dirancang supaya tidak terjadi kebocoran jaringan, akses ilegal yang dapat merusak keamanan data tersebut. Karena infrastruktur ini secara fisik sangat banyak dan tidak terletak tidak pada lokasi yang mungkin diawasi secara keseluruhan.

Keamanan Informasi
Keamanan informasi yang kadang kala tidak begitu dipedulikan oleh administrator seperti memberikan password ke teman, atau menuliskannya dikertas, maka bisa menjadi sesuatu yang fatal jika informasi tersebut diketahui oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Justru hal-hal yang dianggap remeh seperti inilah titik kelemahan terbesar dari sebuah Keamanan Sistem Informasi. Kita dengan mudah memberikan info penting seperti akun dan password kepada orang orang yang menurut pendapat kita secara pribadi bisa dipercaya.


Keamanan Keseluruhan 
Merupakan gabungan dari semua keamanan yang sudah dipaparkan diatas. Jika semua  sudah dapat dikerjakan dengan baik maka otomatis keamanan secara keseluruhan sudah bisa dicapai. Ini merupakan tingkat paling tinggi dari Keamanan Sistem Informasi. 
5 Tingkat Keamanan Sistem Informasi 4.5 5 Agustinus Darto Iwan Setiawan Thursday, August 17, 2017 Artikel Indo, Cyber, Digital, Komputer Umum, Pemrograman, Keamanan, Sistem, Informasi, Jaringan, Software, Dilihat dari salah satu sudut pandang, Keamanan Sistem Informasi dapat kita bagi menjadi 5 tingkat, yaitu : keamanan fisik, keamanan ...


No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar ....